Penting Banget! Inilah Perlengkapan Pribadi yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Melakukan Arung Jeram.

 

Pernahkah kalian berarung jeram? sudah tahukah apa saja perlengkapan pribadi berarung jeram? Nah , Sebelum membahas apa saja perlengkapan pribadi yang wajib diketahui , kita bahas dahulu pentingnya perlengkapan pribadi arung jeram. Arung jeram sendiri merupakan olahraga air yang memiliki resiko kecelakaan cukup besar terutama untuk pemula. Salah satu penyebab kecelakaan olahraga arung jeram ialah kurangnya pengetahuan tentang perlengkapan arung jeram. Perlengkapan arung jeram sendiri terbagi jadi dua yaitu perlengkapan tim atau kelompok dan perlengkapan pribadi. Kali ini kita akan membagikan informasi mengenai perlengkapan pribadi yang wajib diketahui dan digunakan saat berarung jeram.

  1. Pelampung

Pelampung yang dipakai untuk arung jeram terbuat dari busa yang kedap air . fungsi pelampung ialah melindungi rafter/peserta agar bisa terapung apabila terjatuh ke sungai. Adapun fungsi lain yaitu sebagai pelindung terhadap benturan.

  1. Helm

Helm berfungsi sebagai pelindung kepala rafter dari benturan batu atau benda keras lain yang ada di sungai. Helm arung jeram memiliki lubang-lubang yang berfungsi untuk keluar masuknya air. Penggunaan helm sendiri sangat perlu diperhatikan, apalagi pengarungan biasanya memakan waktu yang cukup lama. Jangan terlalu kencang karena bisa menyebabkan kepala sakit dan jangan juga terlalu longgar karena bisa menggangu gerakan atau pan dangan dalam pengarungan.

  1. Dayung

Fungsi dayung yaitu alat bantu untuk menggerakkan dan mengarahkan perahu. Adapun berbagai macam dayung tergantung dari bahan ,karakteristik dan fungsinya.

  1. Alas Kaki

Gunakan alas kaki yang tidak menganggu pergelangan kaki agar dapat bergerak ataupun berenang dengan bebas. Jenis alas kaki yang baik ialah sepatu yang lentur untuk kaki bergerak bila menggukan sandal usahakan yang dapat mengikat dikaki agar tidak mudah terlepas ketika pengarungan ataupun berenang.

5.Pakaian

Pakailah pakaian yang bisa untuk bergerak dengan leluasa, sehingga tidak menggangu pergerakan saat pengarungan. Contah kaos panjang tipis dan celana pendek yang cepat kering.

  1. Flipline

Tali dengan panjang 1-2 meter dan ujungnya disimpul dengan sebuah carabiner dan dikenakan dipinggang rafter. flipline berguna untuk rescue dalam pengarungan semisal membalikkan perahu bila perahu terbalik, melepaskan perahu bila perahu tersangkut batu atau wrap.

  1. Peluit & Pisau Lipat

Peluit digunakan untuk alat komunikasi saat pengarungan , dikarenakan terkadang suara arus sungai lebih keras daripada suara antar rafter maka digunakan peluit sebagai alat komunikasi. Adapun sinyal peluit dalam pengarungan yaitu : peluit 1 kali berarti perhatian , peluit 2 kali berarti jalan dan peluit 3 kali berarti bahaya atau minta pertolongan. Pisau lipat berfungsi sebagai survival kit yang wajib dibawah oleh rafter , contoh kasus bila ada benda/tali yang menyangkut dibadan kita dan bisa membahayakan rafter itu sendiri , bisa menggunakan pisau lipat untuk memotong tali tersebut.

  1. Throwbag

Tali carmantel yang dikaitkan pada tas kecil . Fungsinya sendiri untuk rescue saat pengarungan yaitu lempar throwbag , man to man, rescue by man, rescue by rope dan rescue by boat.

  1. Obat-obat pribadi

Obat pribadi yang harus dibawa oleh rafter yang mempunyai riwayat penyakit .

Itulah daftar perlengkapan pribadi yang wajib diketahui rafter sebelum pengarungan untuk memilimalisir resiko kecelakaan berarung jeram. Dan satu lagi yang harus dilakukan sebelum pengarungan ialah jangan lupa berdoa.

 

[Al Amin Surya (Anggota Muda)]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *