TOP ROPE

Top Rope merupakan salah satu teknik pemanjatan yang dianjurkan bagi pemula karena relative aman. Yang membedakan top rope dengan teknik lainnya adalah letak pengaman yang sudah terlebih dahulu di pasang di atas atau top. Sebelum pemanjat melakukan pemanjatan, biasanya ada satu orang yang bertugas memasang pengaman di atas. Tali yang digunakan sebagai jalur adalah tali Kernmanttle dinamis.

Peralatan yang digunakan dalam Teknik Pemanjatan Top Rope adalah:

Seat harness, merupakan pengaman utama yang melekat pada tubuh pemanjat sebagai tempat menghubungkan belayer dan pemanjat dengan tali.

Chalk bag merupakan sebuah tas kantung untuk menampung bubuk magnesium, yang membantu pemanjat mengurangi kelembapan pada telapak tangan ketika melakukan pemanjatan, sehingga dapat membuat pegangan pemanjat tetap stabil.

Figure Of Eight, peralatan ini termasuk salah satu descender adalah alat bantu yang digunakan untuk menuruni medan vertikal dan tali sebagai jalur, digunakan pada belayer untuk menurunkan pemanjat.

Dalam Pemanjatan yang menggunakan teknik Top Rope hanya ada dua orang yang menjadi pelaku pemanjatan yakni Climber dan Belayer.

  1. Climber yaitu orang yang melakukan Pemanjatan.
  2. Belayer yaitu orang yang mengamankan pemanjat.

Komunikasi antara Climber dan Belayer harus dilakukan agar tidak terjadi kecelakaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *