SRT MENGGUNAKAN JUMAR

SRT merupakaan kependekan dari Single Rope Technique yang merupakan salah satu teknik meniti tali tunggal, baik itu lintasan vertikal maupun horizontal. Jadi kegiatan seperti Prusikking, Rappelling, Jummaring maupun Flying Fox itu termasuk dalam SRT.

Jumar menjadi pilihan teknik yang tergolong mudah dalam melakukan ascending pada SRT. Jumar lebih sering diterapkan pada kegiatan Rock Climbing karena peralatan yang dibutuhkan cukup sederhana. Untuk alat Descending, Figure of Eight mejadi salah satu pilihan yang banyak diminati. Hal ini disebabkan alat ini mudah dibawa dan memiliki fungsi yang sama dengan alat alat descender lainnya.

Ada beberapa peralatan dasar yang dibutuhkan untuk melakukan SRT, antara lain:

TALI KERNMANTTLE

Tali Kernmanttle yang digunakan dalam SRT adalah tali statis. Tali statis biasanya memiliki warna yang tidak bervariasi.

SEAT HARNESS

Seat Harness adalah jenis harness duduk yang diikat di pinggang ke panggal paha yang berguna sebagai penghubung antara tali dan tubuh, juga sebagai tempat mengikat peralatan lainnya.

ASCENDER

Ascender alat ini berfungsi untuk memanjat lintasan yaitu tali di tangan. Dalam kasus ini, Jumar digunakan untuk melakukan ascending

 

DESCENDER

Descender adalah alat yang berfungsi untuk menuruni tali. Dalam kasus ini Figure of Eight digunakan untuk melakukan descending.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *