ANEKA KEINDAHAN BURUNG DI TNBTS

Siapa yang tak kenal dengan keindahan ragam fauna yang ada di Indonesia? Yang keindahannya memberikan sejuta pesona bagi mata yang memandang. Yang kehadirannya selalu ditunggu-tunggu oleh jutaan umat manusia. Dengan keindahannya tersebut, mampu menenangkan hati setiap insan hanya dengan menikmati apa yang tuhan telah berikan.

Keindahan yang akan saya sajikan kali ini berupa keindahan fauna yang bertengger di ranting-ranting pepohonan, yang kesana kemari berterbangan untuk menikmati alam bebas. Fauna ini sangat dilindungi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang berada di Jawa Timur, Indonesia, yang letaknya di sebelah timur kota Malang dan sebelah Tenggara kota Surabaya, Ibu Kota dari Jawa Timur.

Dalam kegiatan kali ini, saya mewawancarai pak Rudi (pegawai TNBTS) untuk mendapatkan informasi mengenai keragaman jenis burung yang ada di TNBTS. TNBTS itu sendiri berada pada ketinggian 750 – 3676 m. Dan Taman Nasional ini memiliki lokasi yang lumayan jauh dari perkotaan, sehingga udara disini sangat sejuk yang membuat burung-burung bisa bernapas bebas di antara dedaunan. Beragam burung bisa ditemukan di Taman Nasional ini, bahkan Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) yang habitatnya langka pun dapat ditemukan di kawasan ini. Elang Jawa itu sendiri biasanya hanya berdiam dan mengamati mangsanya dari atas pohon, inilah yang membuat Elang Jawa terkadang sulit untuk ditemukan di kawasan yang luasnya sekitar 50.276,3 ha.

Kemudian ada burung Ceret Jawa/Javan Bush-warbler  yang berwarna abu-abu kecoklatan yang ukurannya sekitar 15 cm. Burung ini biasanya mengendap-endap pada kerimbunan semak di pinggir hutan dan hutan terbuka, kadang-kadang di perbukitan dan hutan cemara. Suara burung Ceret Jawa ini berbunyi ‘criet-criet-criet’. Untuk mengamati burung Ceret Jawa ini kita harus berhati-hati dalam menatap hewan mungil itu, dikarenakan bila kita menatap burung tersebut maka burung tersebut akan menganggap kita sebagai musuh dan burung itu akan terbang melarikan diri dari tempat ia bertengger.

Fakta unik lainnya di Kawasan TNBTS ialah terdapat burung migrasi, contohnya seperti Anies Siberian yang bermigrasi dari Negara Siberia. Burung ini berkembang biak di hutan-hutan pinus Siberia dan ketika musim dingin tiba, mereka mulai melakukan migrasinya ke daerah tropis di Asia Tenggara, termasuk Kalimantan, Jawa, Bali, dan Sumatera. Burung Siberia juga bermigrasi terhadap tiupan angina yang bertiup ke Asia Tenggara. Nah, itulah beberapa contoh burung yang saya dapatkan setelah berbincang-bincang dengan pak Rudi (pegawai TNBTS).

Penulis : Agra Muhammad Sutasuluk (Anggota Muda)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *