PERHATIKAN HAL BERIKUT SEBELUM MELAKUKAN PENDAKIAN

Libur panjang sehabis ujian. Saatnya naik gunung!

Wait! Pastikan persiapanmu matang sebelum cabut. Mendaki gunung nggak sesepele Nobita kalau mau main ke bukit belakang sekolah. Bukannya lebay atau mau menakut-nakuti. Tapi nyatanya memang ada hal-hal yang perlu dipersiapkan secara matang untuk menghindari kemungkinan terburuk selama pendakian gunung.

PEMILIHAN LOKASI

Kamu pemula atau pendaki ekspert? Sesuaikan medan dengan kemampuan ya. Kamu boleh kok mendaki ke Everest sekalipun asal pengalaman dan kemampuanmu mumpuni.

PERSIAPAN FISIK

Semudah dan sesering apapun medan yang akan didaki, tetap lakukan persiapan fisik ya. Paling tidak dua minggu sebelumnya rutin jogging. Ditambah fitness lebih baik. Sesuakan latihan untuk kekuatan otot kaki dan punggung, serta kekuatan jantung-paru.

PERSIAPAN TIM

Jangan mendaki sendirian, sehebat apapun kamu. Tidak ada yang tahu kapan hal buruk akan terjadi kan? Buatlah tim minimal empat orang ya.

PERALATAN

Sesuaikan peralatan yang dibawa dengan kebutuhan di lapangan. Mulai dari perlengkapan pribadi, perlengkapan tim, perlengkapan keselamatan, obat-obatan, serta logistik. Perhatikan pembagian beban sesuai dengan kemampuan perindividu, namun jangan terlalu timpang juga. Perhatikan juga cara packingnya. Pastikan rapi agar mudah dicari ketika diperlukan.

BERSAMA ORANG YANG KOMPETEN DI BIDANGNYA

Jika tidak ada diantara timmu yang pernah mendaki gunung yang menjadi tujuan liburanmu itu, maka memakai jasa guide lebih baik.

Selamat mendaki dengan bijak. Safety first[]

 

Oleh: Reny Hardianti (NIM. 2015605/IMP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *