RESECTION DAN INTERSECTION

Bagaimana cara mengetahui posisi kita di peta? Atau mengetahui posisi suatu benda? Yaitu dengan cara melakukan Resection dan Intersection. Resection adalah cara untuk menentukan posisi diri kita di dalam peta. Dan intersection adalah menentukan lokasi suatu benda. Apa saja alat yang digunakan? Alat yang digunakan yaitu peta, kompas, pensil, penggaris panjang, busur, dan penghapus.

Langkah apa saja yang harus dilakukan saat resection? Pertama kita membuka peta di tempat datar, setelah itu mengarahkan peta ke arah utara dengan kompas lalu kita orientasi medan terlebih dahulu. Setelah menemukan titik puncak di sekitar dan ditemukan pula di dalam peta langsung saja kita membidik dengan kompas. Yang kita membidik yaitu dua puncak di sekitar dan ketika membidik kita tidak boleh berpindah tempat, hasil dari bidikan tersebut kita langsung hitung dengan back azzimuth. Hasil bidikan ditarik dan akan membentuk suatu perpotongan garis. Dan disitulah posisi kita berada.

Sedangkan dalam melakukan intersection, kita harus melakukan resection terlebih dahulu. Setelah itu kita membidik benda yang kita amati dan tarik garis lurus di peta, setelah itu kita berpindah tempat sekitar 250 meter. Selesai berpindah tempat kita membidik benda itu lagi dan tarik garis untuk hasil bidikan, titik temu garis tersebut adalah posisi benda tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *