ORIENTASI UMUM GUNUNG HUTAN AMED 40

Kegiatan Orientasi Umum Anggota Muda Eks DIKLATSAR 40 IMPALA UB yang terakhir adalah ke Gunung Butak dengan ketinggian 2868 mdpl, terletak di Jawa Timur, Indonesia.

Setelah acara pelepasan di sekretariat IMPALA UB, dengan peserta terdiri dari 8

Anggota Muda dan 3 Anggota Biasa, kami pun berangkat menuju start point di Desa Princi, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang dengan 1 angkutan umum dan 3 motor. Sekitar 1 jam kami pun sampai di start point. Saat itu cuaca hujan gerimis, kami istirahat 10 menit di rumah warga dan menitipkan motor yang kami bawa. Setelah hujan reda, kami pun mulai berjalan melewati jalan setapak dengan batu-batu kecil yang tertata dan ladang warga yang jalannya cukup menanjak. Sebelum kami melanjutkan perjalanan, kami malakukan ishoma sekitar 10 menit di tempat yang cukup datar. Lalu perjalanan kami mulai memasuki semak belukar yang cukup rimbun dan kami terpaksa berhenti bekali-kali karena menunggu leader membersihkan jalan yang tertutup ranting-ranting.

Sampai di Pos Kran sekitar jam 4 sore, ada beberapa dari tim yang orientasi medan. melihat jalan yang menanjak, hari sudah sore, serta cuaca saat itu yang mendung, akhirnya kami memutuskan untuk mendirikan tenda di pos tersebut. Kami bergantian untuk memasak, membersihkan badan, dan sholat. Setelah itu kami makan malam dan istirahat. Ada beberapa tenda kami yang bocor karena hujan sangat lebat, tapi kami harus tetap tidur untuk mempersiapkan fisik menyambut perjalanan esok hari.

Bangun pagi tanpa sinar matahari itu yang kami rasakan saat itu. Hujan tetap mengguyur tempat kami, tapi kami harus tetap bangun pagi, memasak, senam pagi dan membereskan tenda. Jam 8 kami mulai melakukan perjalanan dengan jalan menanjak dan licin karena semalam di guyur hujan deras. Sampai waktu ishoma akhirnya kami berhenti di lahan cukup datar sekitar pukul  12 siang. Matahari muncul dan kami langsung melakukan resection untuk melihat posisi kami di dalam peta. Saat itu kami berada di titik koordinat 7 55’ 53,5” LS dan 112 29’ 24,32” BT. Dengan cepat cuaca berubah mendung dan hujan deras pun turun. Kami akhirnya melanjutkan perjalanan menuju pos 4. Di perjalanan kami harus banyak berhenti karena jalan yang menanjak  dan hujan badai. Kami harus melalui dengan hati-hati karena di samping kami terdapat jurang dan jalan yang licin. Setelah itu kami sampai di pos 4 dengan sabana yang luas tapi sayangnya kabut tebal menutupi jalan. Jarak pandang hanya sampai 2-3 meter saja. Akhirnya kami pun mencari tempat untuk mendirikan tenda di dekat mata air. Lalu kami membagi tugas untuk mendirikan tenda dan membuat teh hangat. Cuaca sangat dingin di tambah pula pakaian kami yang basah. Setelah tenda berdiri kami pun memasak untuk makan malam, tetapi ada beberapa dari kami yang kondisi badannya tidak sehat sehingga harus istirahat dan tidak membantu memasak. Hujan pun turun lagi dan harus membuat kami makan malam di dalam tenda masing-masing. Setelah itu kami istirahat untuk memulihkan tenaga dan kami berencana besok pagi untuk summit.

Jam 04.00 alarm kami sudah berbunyi tetapi diluar cuaca tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan ke puncak karena hujan lumayan deras. Sangat berat untuk bangun karena hawa yang sangat dingin tetapi kami harus tetap bangun,  menyiapkan sarapan pagi dan melanjutkan perjalanan pulang. Kabut tetap menyelimuti sabana ini, walaupun begitu semangat kami masih tetap ada. Dengan jalan turun yang licin hampir semua dari kami jatuh terpeleset, kami harus ekstra hati-hati agar tidak sampai jatuh ke jurang. Di perjalanan kami ishoma di tempat yang sama seperti saat keberangkatan. Kami mengisi tenaga dengan roti isi susu coklat, nutrisari dan snack lainnya. Akhirnya kami sampai di start point pukul  17.30. Kami pun membersihan badan sembari menikmati teh hangat yang disuguhkan di rumah warga tersebut. Tetapi ketika salah satu dari kami menghubungi supir angkot yang mengantar kami kemarin, ternyata tidak bisa menjemput dan akhirnya kami pun mencari sewa  mobil ke warga sekitar. Sekitar pukul 20.00 akhirnya kami bisa melanjutkan perjalanan pulang ke sekretariat.

Setelah itu kami pulang ke rumah dan ke kos masing-masing untuk beristirahat[Fadillah/Reny].