Ortum AMED 39: Caving

Kali ini saatnya kegiatan Ortum AMED 39 yang kedua rek.. CAVING !! monggo disimak~

Dengan perjalanan yang membutuhkan waktu 2 jam perjalanan dari Kota Malang ke Kecamatan Donomulyo, tim Ortum Caving pun tiba di basecamp untuk bersiap melakukan penelusuran gua, tim pun dibagi menjadi 2, yaitu penelusuran Gua Kepuh untuk kelompok pertama, lalu penelusuran Gua Lowo untuk kelompok kedua, dan akan di rolling untuk hari berikutnya.berlumpur
Masing-masing gua memiliki berbagai karakteristik dan keunikannya sendiri, seperti di Gua Kepuh yang jalur untuk masuk gua tersebut harus melakukan rigging (Pembuatan lintasan dengan tali Statis), untuck masuk ke Gua Kepuh sendiri cukup menguras tenaga, karena entrance-nya yang lumayan sempit, yang terkadang juga diharuskan untuk merunduk ataupun menyamping. Dalam memasuki gua ini juga ada bagian dimana tim membutuhkan safety line ketika turun dan memanjat tebing yang berlumpur.

 

Namun, Ornamen-ornamen gua yang beragam seperti adanya gourdam, pillar, soda straw, stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan, seakan membuat hasil jerih payah untuk memasuki Gua Kepuh pun terbayar dengan ornament yang susah kita lihat di permukaan.

ornamen

Berkebalikan dari Gua Kepuh, untuk memasuki Gua Lowo tak memerlukan rigging, karena entrance Gua yang berbentuk horizontal. Jalur untuk penelusuran gua pun sudah terlihat dengan jelas, tak terlalu sulit seperti di Gua Kepuh, dan untuk menyusuri gua ini, Tim bisa menelusuri dengan mengikuti aliran sungai.

Untuk yang belum mengetahui, Lowo adalah Bahasa Jawa dari Kelelawar. Bisa kita tebak dari namanya, Gua Lowo ini dinaungi oleh banyak kelelawar. Banyak kelelawar berarti banyak juga kotoran kelelawar (Guano) yang terdapat di gua ini, dan aroma dari kotoran ini juga turut menemani tim penelusuran Gua Lowo.

ornamen2

Fauna di Gua Lowo lebih beragam dibandingkan dengan Gua Kepuh, tim yang menelusuri Gua ini sempat menemukan binatang-binatang seperti ikan lele maupun katak di dalam Gua, dan ornament yang ada di gua ini juga tak kalah unik jika dibandingkan dengan Gua Kepuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *